DJI Spark – Detil, Harga, dan Spesifikasi (Review Lengkap!)

0

Teknologi membawa kita ke arah pengambilan gambar foto dan video menjadi lebih leluasa. Drone adalah salah satu medium terbaik perihal pengambilan gambar aerial (dari udara). Tentunya, membahas drone tidak lengkap rasanya jika tidak menyentuh salah satu produk yang laris dan populer di kalangan pecinta drone. DJI Spark adalah yang penulis maksud.

Bukan hanya untuk profesional semata. Drone saat ini fungsinya semakin luas. Bahkan, beberapa komunitas hobi dan pecinta drone muncul pada banyak kota di Indonesia. Bukan hanya untuk kepentingan pembuatan film dan videografi profesional, Drone semakin dikenal untuk berbagai golongan. Tentunya, golongan yang berduit, hehehe.

Review DJI Spark

Kehadirannya mampu membuat drone dikenal kalangan masyarakat luas. Bukan hanya mereka yang mahir menggunakan perangkat drone, adanya DJI Spark membuat drone bisa dioperasikan oleh siapapun. Bahkan, terlihat dari beberapa video yang ada di Youtube, anak kecil sudah bisa menerbangkan dan mengoperasikan drone dengan baik, lho!

Informasi dalam artikel ini akan membahas DJI Spark, salah satu drone populer yang pemakaiannya sangat mudah, nyaman, dan ramah digunakan pemula. Dari harga, spesifikasi, kelebihan, kekurangan, dan lainnya akan penulis bahas dengan lengkap pada artikel ini.

Spesifikasi

  1. Gesture controls
  2. Palm take-off
  3. Quick shot motions
  4. Mode Panoramic dan Shallow Focus
  5. Top speed 50 km per hour

Kelebihan

Beberapa kelebihan drone DJI Spark, antara lain:

  1. Bentuk konstruksi sangat ringan dan kecil
  2. Mode penerbangan berteknologi canggih dan pintar
  3. Mudah dioperasikan oleh pengguna drone baru (pemula)
  4. Pengambilan gambar dan video berkualitas cukup baik dan tidak mengecewakan

Kekurangan

Beberapa kekurangan drone DJI Spark, diantaranya adalah:

  1. Mode gerakan sangat tidak nyaman dan cenderung meragukan
  2. Baterai sangat boros dan cepat habis
  3. Seri biasa tidak menyertakan aksesoris (seri Fly More Combo terdapat aksesoris)
  4. Harga aksesoris relatif mahal

Harga

Drone ini dibanderol dengan harga Rp 8 jutaan untuk seri biasa (tanpa aksesoris), dan Rp 10 jutaan untuk seri Fly More Combo (lengkap dengan aksesoris [remote dan lainnya])

Impresi Awal Menggukan DJI Spark

Sejatinya, drone ini termasuk dalam seri nano-drone. Dalam artian, drone ini berukuran relatif lebih kecil daripada drone lainnya dan mudah digenggam. Lebih khusus, bagian bodi drone ini mudah digenggam oleh satu tangan yang membuatnya sangat nyaman digunakan pada kondisi tertentu. Hal ini tentunya menjadi nilai plus karena kemudahan mengoperasikan atau menerbangkannya. Walaupun masuk ke dalam seri nano-drone, DJI Spark tidak bisa Anda masukkan ke saku seperti nano-drone lainnya.

Beratnya sangat ringan. Bahkan sangat ringan bila Anda membandingkannya dengan drone Mavic Pro. Beratnya tidak akan terasa ketika Anda memasukkannya ke dalam tas yang lengkap dengan koper. Lebih lagi, yang terasa berat adalah aksesorisnya. Sangat lucu, ya!?

Desain

Warna merah, hijau, biru, kuning, dan putih, bisa Anda pilih dan beli sesuai dengan selera. Tentunya, pemilihan atau opsi warna ini adalah nilai tambahan untuk drone DJI. Sangat jarang loh drone dengan variasi warna yang berbeda. Bahkan, drone lain dipasaran warnanya cenderung monoton dan tidak bervariasi (kaku).

Perihal material pabrikan, konstruksi Spark cukup solid dan kuat. Walau terbuat dari plastik, konstruksinya sangat keras dan tahan banting. Tapi, jangan dibanting dengan sengaja juga, ya!

Perihal landing, DJI tidak akan menemukan kendala berlebihan ketika melakukan pendaratan di medan yang kasar (tidak rata).

Kekurangan Desain

Dari review positif perihal desain drone ini, ada kekurangan yang penulis rasa cukup fatal. Kamera dan gimbal bagian depan Spark sangat terekspos. Bagian yang terbuka ini menimbulkan kesan bahwa kamera dan gimbal tidak terlindung dengan baik. Bila Anda membandingkan dengan drone Mavic Pro, akan terlihat perbedaan yang sangat jelas. Pada Mavic Pro, terdapat pelindung (helm) pada bagian depan. Untuk itu, jangan coba-coba untuk menabrak dengan bagian depan drone ini kalau Anda tidak ingin merusaknya.

Keunggulan Fitur Utama

Sebagai drone kelas atas (high-end drone), ekspekstasi Anda yang tinggi tidak akan dikecewakan ketika memakai drone ini. Terdapat sensor GPS dan GLONASS membuat drone ini terhubung ke satelit 24 jam. Jadi, jangan khawatir drone Anda hilang ketika sedang menerbangkannya. Tapi perlu Anda ingat, baterai Anda harus terisi dan tidak sekarat kalau ingin terhubung ke GPS. Kenapa? Karena fitur mengunci lokasi agar presisi membutuhkan daya baterai cukup banyak.

Bukan hanya GPS yang tingkat presisinya sangat “gila”, adanya fitur 3D camera pada drone ini membuatnya mampu untuk mendeteksi obstacle di depan drone ketika terbang. Jadi, risiko crash akan berkurang presentasinya dengan besar.

Pun, bukan hanya itu.  Sistem vision positioning dari DJI ditanamkan di bagian bawah samping, yang didukung dengan kamera menghadap ke bawah plus sensor IR sehingga bisa digunakan dengan nyaman saat indoor walaupun tidak tersambung dengan GPS atau GLONASS.

Sesuai dengan jenisnya, kamera drone ini memiliki sensor ½.3in dengan pengambilan gambar resolusi 12 mp dan video 1080p 30fps. Sayangnya, kemampuan pengambilan gambar 4K tidak dimiliki DJI Spark. Pun, lensa masih dioperasikan dengan 2-axis, bukan 3-axis. Cukup mengecewakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here