Membuat Drone Sederhana dengan Cara Mudah dan Biaya Murah

0

Bagaimana sih cara membuat drone sederhana? Pertanyaan semacam ini biasanya dilontarkan oleh orang-orang kreatif yang tertarik untuk memiliki drone sendiri namun terkendala masalah finansial.

Bagi Anda yang ingin memiliki drone namun terkendala dengan masalah biaya, ada baiknya simak ulasan kami berikut ini tentang bagaimana membuat drone sederhana dengan cara yang mudah dan biaya yang murah.

Ada beberapa komponen yang diperlukan dalam membuat atau merakit sebuah drone, mulai dari frame (rangka), flight control board (FCB), motor (penggerak), propeller (baling-baling), baterai dan charger, hingga remote controller. Untuk lebih detailnya, simak penjelasan masing-masing komponen tersebut berikut ini!

1Pembuatan Frame atau Rangka Drone

(c) diydrones.com

Bila kita ingin membuat drone berjenis Quadcopter, maka ada empat lengan yang diperlukan sebagai tempat untuk motor dan propeller.

Material yang biasa digunakan dalam pembuatan rangka bisa bermacam-macam, bisa menggunakan kayu, plastik keras, atau alumunium. Agar lebih memudahkan, bisa juga Anda membeli rangka drone yang telah siap pakai.

2Persiapkan FCB Drone

FCB atau Flight Control Board merupakan otak dari sebuah drone. Lebih baik membeli FCB siap pakai, karena akan cukup sulit bila Anda harus membuat FCB sendiri. FCB ini memerlukan berbagai macam fitur pendukung, seperti GPS, accelerometer, gyro, dan masih banyak lagi.

3Pembuatan Motor dan ESC Drone

Ada dua jenis motor yang umum digunakan pada drone, yaitu motor brushless, atau outrunner. Banyaknya jumlah motor tergantung tipe drone yang akan Anda buat, misalnya untuk drone tipe QuadCopter maka dibutuhkan 4 buah motor.

Besar kecilnya ukuran motor, ditentukan dalam satuan kilo volt. Semakin besar ukurannya, semakin tinggi pula rpm yang akan dihasilkan.

Pembuatan Propeller atau Baling-baling Drone

Propeller Drone

Untuk jenis drone QuadCopter, tentunya diperlukan 4 buah baling-baling dengan mekanisme 2 baling-baling bergerak searah jarum jam, dan 2 baling-baling lainnya dengan gerak berlawanan arah jarum jam.

Baling-baling harus dibuat dengan bentuk dan ukuran yang presisi agar drone dapat terbang dengan baik dan mulus.

Baterai dan Charger

Drone Baterai Charger

Ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan dalam memilih baterai untuk drone buatan Anda, antara lain tipe baterai (umumnya menggunakan Li-Po), pemilihan jumlah cell, kapasitas, dan juga jenis konektornya.

Remote Controller yang Akan Digunakan

Penggunaan remote khususnya untuk drone berjenis Quadcopter tidaklah sembarangan. Setidaknya, remote harus terdiri dari 4 channel, antara lain throttle, yaw, pitch, serta roll.

Sejumlah fitur biasanya akan melengkapi remote untuk mode advance, mulai dari keperluan perekaman hingga mode penerbangan.

Itulah langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam membuat drone sederhana dengan cara yang mudah dan biaya yang murah. Selamat mencoba!

Label: cara membuat drone sederhana, cara membuat drone, cara buat drone, cara buat drone sederhana, membuat drone, cara membuat dron, membuat drone sederhana, merakit drone murah, cara membuat quadcopter sederhana, cara membuat drone sendiri

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here