DJI Phantom 4 Pro (Spesifikasi, ulasan, harga)

0

Spesifikasi dan Fitur Unggulan DJI Phantom 4 Pro — DJI Phantom 4 Pro telah hadir untuk menyempurnakan Phantom 4 yang merupakan seri drone terdahulunya. Penambahan sensor CMOS 1 inchi beresolusi 20 megapixel, Phantom 4 Pro mampu menghasilkan rekaman video 4K / 60 fps.

Drone ini juga dilengkapi dengan Burst mode yang mampu menghasilkan 14 foto hanya dalam waktu 1 detik. Penambahan fitur-fitur canggih terbaru ini tentu saja membuat para pecinta drone penasaran dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh DJI Phantom 4 Pro.

Materialnya yang berbahan titanium alloy membuat DJI Phantom 4 Pro tampak begitu kokoh, namun dengan bobot yang lebih ringan.

Penggunaan kamera dengan shutter mekanik pada drone ini menghilangkan rolling shutter distorsi yang biasa terjadi ketika drone mengambil gambar dan bergerak dengan kecepatan yang tinggi.

Pemrosesan video pada DJI Phantom 4 Pro juga lebih powerful karena mendukung video H.264 4K pada 60 fps atau H.265 4K pada 30 fps, meskipun dengan bitrate 100 Mbps. Hasil gambar yang didapatkan juga menjadi lebih detail karena drone ini didukung dengan sensor serta prosesor yang canggih.

Dilengkapi dengan 5 sensor yang berfungsi mendeteksi hambatan dan 4 sensor untuk mendeteksi rintangan, drone canggih ini akan lebih terlindungi dari berbagai hambatan dan bahaya yang ada di sekitarnya.

Terdapat 3 mode penerbangan yang ditawarkan pada DJI Phantom 4 Pro, antara lain P, A, dan S sehingga memudahkan penerbang untuk melakukan kontrol sesuai kebutuhan.

Spesifikasi Lengkap DJI Phantom 4 Pro

Dji Phantom 4 Pro Drone Review

Sebelum kita membahas berbagai fitur unggulan dari drone canggih ini, mari kita simak terlebih dahulu spesifikasi DJI Phantom 4 pro berikut ini:

1. Unit Drone
– Berat: 1380 gram (termasuk baterai).
– Kecepatan horizontal max: 20 m/s pada sport mode.
– Ketinggian max: 6000 m dari atas permukaan laut.
– Waktu terbang max: +/- 30 menit.

2. Kamera
– Sensor: 1/2,3’ dengan efektifitas 12 Megapixel.
– Lensa: FOV (Field of View) 94 derajat 20 mm (35 mm format equivalent) f/2,8 focus.
– Kisaran ISO: 100 – 3200 untuk video, dan 100 – 1600 untuk foto.
– Max Image size: 4000×3000.
– Mode merekam video: UHD: 4096×2160 (4K) 24/25p, 3840×2160 (4K) 24/25/30p, 2704×1520 (2.7K) 24/25/30p; FHD: 1920×1080 24/25/30/48/50/60/120p; HD: 1280×720 24/25/30/48/50/60p.
– Max video bitrate: 60 Mbps.
– Supported file systems: FAT32 (up to 32 GB), exFAT (up to 32 GB).
– Format foto: JPEG, DNG (RAW).
– Format Video: MP4 / MOV.

4. Baterai dan Charger
– Kapasitas baterai: 5350 mAh.
– Voltase: 15,2 V.
– Tipe baterai: LiPo 4S.
– Power: 81,3 Wh.
– Charging Power Maksimal: 100 W.
– Voltase Charger: 17,4 V.
– Power Charger: 100 W.

5. Vision Positioning System
– Ketinggian rata-rata: 0 – 10 m.
– Pengoperasian rata-rata: 0 – 10 m.
– Lingkungan Pengoperasian: lingkungan dengan pola yang jelas dan cahaya yang cukup.

6. Remote Controller
– Frekuensi pengoperasian: 2400 GHz sampai dengan 2483 GHz.
– Baterai: 6000 mAh LiPo 2S.
– Transmitter Power (EIRP): FCC 23 dBm; CE 17 dBm.
– Voltase pengoperasian: 7,4 @ 1,2 A.
– Intelligent Flight Battery: (PH4 – 5350 mAh – 15,2 V).

Fitur Unggulan DJI Phantom 4 Pro yang Semakin Pintar

DJI Phantom 4 Pro menawarkan pengembangan pesat mulai dari kualitas kamera, sensor penghindar rintangan, waktu terbang baterai yang lebih panjang, hingga beragam mode terbang pintar yang ditambahkan ke dalamnya.

Berikut ini akan kami jelaskan beberapa peningkatan spesifikasi DJI Phantom 4 Pro dari generasi pendahulunya.

1. Kualitas Kamera DJI Phantom 4 Pro

Dji Phantom 4 Pro Drone Review Kamera

DJI Phantom 4 Pro memiliki pengembangan dari segi kamera yang cukup kontras bila dibandingkan dengan pendahulunya, DJI Phantom 4, atau DJI Phantom 3 Pro.

Melonjak 6 megapixel dari DJI Phantom 4 reguler, seri pro ini memanfaatkan sensor kamera yang lebih besar, yaitu 1-inchi CMOS sensor yang dapat menghasilkan gambar dengan resolusi 10 megapixel.

Sementara untuk dynamic range, drone ini mampu mencapai angka 11,6 yang membuat drone canggih asal China ini mampu membedakan intensitas cahaya dan menyeimbangkannya.

Sistem Shutter pada DJI Phantom 4 Pro yang telah diperbarui mampu menghilangkan rolling shutter distorsi atau pengambilan gambar mirip “Jell-O” yang kerap terlihat pada seri DJI Phantom terdahulu.

Untuk memudahkan fotografer agar lebih leluasa dalam menentukan Depth of Field (DOV), aperture pada kamera juga dapat diatur sedemikian rupa.

Kelebihan lainnya dalam spesifikasi kamera untuk drone canggih ini adalah pada mode burst yang mampu menangkap 14 foto dalam satu detik, dan juga merekam video slow motion dalam tempo 60 detik.

2. Sensor Canggih DJI Phantom 4 Pro

Mulanya, Sensor Obstacle Avoidance yang terpasang pada bagian depan. Tapi pada generasi Phantom 4 Pro ini, sensor hampir ada di seluruh badan. Terletak di keempat sisi drone, sehingga DJI Phantom 4 Pro mampu mendeteksi dan menghindari rintangan dari segala arah.

Khusus di bagian kiri dan kanan drone, menggunakan sensor berteknologi infra merah. Berkat peningkatan sensor yang semakin canggih ini, DJI Phantom 4 Pro dapat mencapai kecepatan terbang hingga 49 kilometer per jam.

3. DJI Phantom 4 Pro Dilengkapi Remot Dengan Layar Built-In

Dji Phantom 4 Pro Drone Review Remote

Pada DJI Phantom 4 Pro+ terdapat layar built-in pada remotenya. Dengan penambahan layar built-in tersebut, kamu enggak perlu menguras baterai smartphone atau tablet sehingga kamu dapat tetap berkomunikasi dengan lancar.

4. Kapasitas Baterai DJI Phantom 4 Pro

DJI Phantom 4 Pro memiliki kapasitas baterai yang mampu memberikan tenaga untuk terbang selama 30 menit. Pengembangan ini tentu saja membuat durasi terbang drone ini lebih unggul dari generasi sebelumnya yang hanya mampu terbang selama 23 menit.

Berkat penambahan ini pula, DJI Phantom 4 Pro juga menjadi pemimpin pasar kelas drone konsumen dengan durasi terbang paling lama.

5. Penambahan Beberapa Mode Pintar DJI Phantom 4 Pro

Mode pintar yang paling mengesankan dan banyak menarik minat para pecinta drone di tanah air adalah fitur active track. Dengan fitur canggih ini, drone mampu mengikuti suatu objek.

Caranya, pengguna cukup mengetuk visual objek pada layar smartphone, atau tablet. Tapi kamu perlu menyalakan dulu aplikasi DJI Go untuk mengaktifkan fitur active track ini.

Pada DJI Phantom 4 Pro, tersedia 3 mode active track, antara lain:
– Mode Profile: mengikuti objek secara horizontal atau menyamping.
– Mode Spotlight: mengikuti objek layaknya lampu sorot atau merekam dari sudut atas.
– Mode Circle: mengitari objek secara 360 derajat.

Selain active track, ada juga fitur pengembangan dari tap fly. Fitur ini adalah mode terbang untuk mengarahkan drone ke objek yang diketuk pada aplikasi, fitur tapfly terbaru pada DJI Phantom 4 Pro ini mengkombinasikan dengan drone selfie.

Fitur lainnya adalah Mode Waypoint yang dikembangkan agar semakin mudah dalam pengoperasiannya. Dengan mode waypoint terbaru, pengguna dapat menerbangkan drone hanya dengan menggambarkan pola secara digital melalui aplikasi.

Harga Baru DJI Phantom 4 Pro

Bicara mengenai kelebihan, tak lengkap rasanya bila tidak membahas kekurangannya. Namun, kekurangan tersebut perlu disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Dan juga akan sulit membahas kekurangan suatu produk apabila tidak disertai pembanding produk lain yang setara.

Bagi kamu yang berminat membeli DJI Phantom 4 Pro, terdapat dua varian yang dapat kamu jadikan pilihan, yaitu DJI Phantom 4 Pro reguler, dan DJI Phantom 4 Pro+.

Harga baru DJI Phantom 4 Pro dijual pada kisaran Rp 21 jutaan. Sedangkan untuk harga baru Phantom 4 Pro+ dijual pada kisaran Rp 24 jutaan.

Rasanya, harga tersebut amatlah pantas bila dibandingkan dengan serangkaian keunggulan pada sistem penerbangan, kamera, dan hal-hal canggih lainnya yang bisa kamu dapatkan dari ‘kamera terbang pintar’ ini.

Label: smartphones yg cocok utk drone dji phantom 4 pro, spesifikasi dji phantom 4 pro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here