DJI Phantom 4 Advanced: Review, harga, spek

0

Keunggulan dari 8 Fitur Utama DJI Phantom 4 Advanced — Teknologi dan fitur canggih pesawat nirawak terbaru telah dihadirkan perusahaan asal negeri Tiongkok dengan meluncurkan produk DJI Phantom 4 Advanced. Adanya peningkatan pada kamera 1 inchi yang memiliki sensor 20 megapixel pada drone canggih ini menjadikannya mampu merekam video berkualitas 4K dengan kecepatan 60 fps.

Beragam mode terbang otomatis, seperti draw, active track, tap fly, gesture, dan pengaturan tripod juga melengkapi kecanggihan Phantom 4 Advanced sehingga membuatnya tampil semakin pintar.

Daya tahan baterainya pun sudah dikembangkan sehingga waktu terbangnya bisa mencapai 30 menit, lebih lama dari generasi sebelumnya.

Fitur Utama yang Menjadi Unggulan DJI Phantom 4 Advanced

Dji Phantom 4 Advanced Review

DJI Phantom 4 Advanced merupakan pengembangan dari generasi Phantom 4 sebelumnya. Drone ini dilengkapi sensor 1 inchi dengan ketajaman 20 MP yang mampu merekam video 4K/60 frames per detik, dan juga burst mode yang dapat menangkap gambar sebanyak 14 frames per detik.

Badan pesawat lebih kokoh, namun tetap ringan karena menggunakan material campuran titanium dan magnesium. Membuat DJI Phantom 4 Advanced jauh lebih ringan dibandingkan seri Phantom 4 sebelumnya.

Dari sekian banyak fitur canggih yang ditawarkan, terdapat sejumlah fitur utama yang menjadi unggulan dari DJI Phantom 4 Advanced ini antara lain:

1. Kecanggihan Kamera DJI Phantom 4 Advanced

Kamera yang terpasang pada pesawat nirawak ini memiliki sensor CMOS 1 inchi setajam 20 MP. Lensanya pun terbuat dari delapan elemen yang tersusu dalam 7 kategori.

Shutter mekanik pada kamera sangat berguna dalam menghilangkan distorsi shutter bergulir yang dapat terjadi ketika pengambilan gambar pada objek yang bergerak cepat atau ketika drone terbang dengan kecepatan tinggi.

Pemrosesan video juga bekerja lebih powerfull, mendukung video berkualitas H.264 4K mampu merekam 60 frames per detik, atau H.265 4K yang mampu menghasilkan 30 frames per detik, yang mana keduanya dapat bekerja hingga kecepatan 100 Mbps.

Dengan performa optic, sensor, maupun prosesor yang canggih ini, kamu dapat merekam segala sesuatu dengan lebih detail dan berkualitas tinggi, sesuai kebutuhan.

2. Remote Controller Dengan Layar Built-in Beresolusi Tinggi

Untuk DJI Phantom 4 Advanced versi Plus, terdapat layar built-in yang terpasang pada Remote Controller. Layar ini memiliki sistem transmisi video Lightbridge HD yang sudah terintegrasi dengan jarak transmisi maksimum video sejauh 7 kilometer.

Layar yang terpasang berukuran 5,5 inchi dengan resolusi 1080 pixel. Layar pada remote controller DJI Phantom 4 Advanced memiliki terang 1000 cd/meterpersegi, diklaim dua kali lebih terang dibandingkan layar smartphone pada umumnya.

Dengan kualitas seperti ini, layar akan tetap terang meskipun kamu menggunakannya di luar ruangan pada siang hari.

Baterai pada remote juga dapat memberikan daya hingga 5 jam pemakaian. Dengan dukungan aplikasi DJI Go 4 yang terpasang otomatis pada perangkat layar, tentu semakin memudahkan kamu dalam melakukan live-streaming, mengubah, maupun membagikan video langsung secara langsung.

3. Terdapat Lima Sensor Untuk Menghindari Rintangan

DJI Phantom 4 Advanced telah dilengkapi dengan sistem Flight Autonomy yang didukung oleh sensor lima indera, sistem satelit GPS/GLONASS, pemindai ultrasonic, dan sensor pendeteksi rintangan.

Dengan semua fitur tersebut, kamu dapat menerbangkan drone dengan tepat meskipun pada tempat yang tidak tersedia GPS, dan lingkungan yang kompleks.

Kamu juga dapat menerbangkan drone dengan aman karena DJI Phantom 4 Advanced ini sudah dilengkapi dengan sensor indera ganda yang dapat melihat ke depan sejauh 30 meter.

Dengan sensor ini pula, drone dapat melakukan pengreman secara otomatis, atau bergerak ke samping ketika di depannya terdapat penghalang hingga jarak 15m.

4. Menggambar Rute Untuk Mengarahkan Drone Secara Otomatis

 

Fitur Draw pada DJI Phantom 4 Advanced merupakan teknologi terbaru dalam kendali waypoint. Kamu cukup menggambar rute yang dinginkan pada layar untuk mengarahkan drone bergerak ke arah tersebut. Tentunya kamu juga dapat mengunci ketinggian drone sesuai keinginan.

Dengan fitur ini, kamu bisa lebih fokus dalam kendali kamera serta mengambil gambar yang lebih kompleks dan dinamis.

Ada dua mode draw yang dapat kamu gunakan untuk moment yang berbeda. Forward, yaitu drone akan mengikuti rute dalam kecepatan tetap dengan kamera menghadap ke arah penerbangan. Mode yang kedua adalah Free, yaitu drone hanya akan mengikuti rute namun kamera dapat kamu arahkan kemana saja sepanjang penerbangan.

5. Fitur Active Track yang Akan Membuntuti Objek

Dji Phantom 4 Advanced Tracking

Kamu akan terkagum dengan fitur canggih Active Track dari ‘kamera terbang’ satu ini. Pasalnya, fitur ini memungkinkan drone untuk mengenali objek meski dalam keadaan bergerak dalam kecepatan tinggi.

Ada banyak objek yang dapat dikenali, mulai dari orang, kendaraan, hingga hewan. Dinamika penerbangan pun dapat kamu atur sedemikian rupa sehingga membuat karya yang kamu hasilkan menjadi lebih halus dan dinamis.

Ada 3 mode dalam fitur Active Track ini, antara lain:
– Profile: Memungkinkan drone terbang dan mengambil gambar objek dari sudut yang bervariasi.
– Trace: Dengan mode ini, drone akan mengikuti dari depan atau belakang subjek sekaligus mengambil gambar, dan menghindari rintangan secara otomatis.
– Spotlight: Kamera akan mengikuti objek meskipun drone terbang ke mana saja.

6. Ketuk Layar Dan Arahkan Drone Secara Otomatis

Kamu tinggal ketuk lokasi pada layar untuk mengarahkan drone ke arah mana saja secara otomatis. Drone akan menyesuaikan arah penerbangan dan menghindari rintangan dengan sigap.

Dengan fitur TapFly Free kamu menjadi semakin mudah untuk menerbangkan drone sekaligus mengambil gambar keren yang diinginkan. Namun sayangnya pada mode tapfly free ini hindaran terhadap halangan tidak berlaku, sehingga kamu harus lebih berhati-hati saat mengaktifkannya.

7. “Return to Home” Saat Sinyal Kendali Terputus

Mode Return to Home akan membuat DJI Phantom 4 Advanced yang sedang kamu terbangkan memilih kembali ke titik awal penerbangan secara otomatis. Drone akan kembali ke tempat awal penerbangan ketika sinyal kendali terputus, atau baterai akan habis.

Drone juga akan memberitahu kamu ketika ditemukan suatu halangan yang tidak memungkinkan untuk pendaratan. Drone akan sementara waktu mengambang di udara pada ketinggian yang tepat sehingga membuat pendaratan menjadi lebih aman.

8. Aplikasi Canggih DJI Go 4 Semakin Memudahkan Pilot

Semua mode Intelligent Flight tersedia dalam aplikasi DJI GO 4 yang dapat digunakan melalui iOS maupun Android. Dengan aplikasi ini, pilot memiliki kendali manual penuh terhadap kamera, mulai dari ISO, kecepatan shutter, Apertur, dan masih banyak lagi lainnya.

Segenap perubahan kondisi drone akan muncul pada layar, mulai dari data penerbangan yang fatal, hingga status transmisi video, semua akan dipantau melalui aplikasi. Tentunya semakin menambah kemudahan, dan efisiensi kendali terhadap DJI Phantom 4 Advanced yang kamu terbangkan.

Dji Phantom 4 Advanced Review Case

Itulah berbagai kecanggihan dari fitur utama yang bisa kamu dapatkan dari DJI Phantom 4 Advanced. Produk ini terdiri dari dua varian dengan harga yang berbeda.

Untuk yang tipe standar dijual dengan kisaran harga Rp 18 jutaan, sedangan untuk tipe plus dijual pada kisaran harga Rp 22 jutaan. Harga yang dibanderol untuk drone pintar ini tentu sebanding dengan segala keunggulan yang akan kamu dapatkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here